AnalisaHarga.com Media berbagi ilmu RAB Rencana Anggaran Biaya Bangunan

analisa harga Volume pekerjaan plesteran dinding 2

Volume pekerjaan plesteran dinding dapat dihitung dalam satuan m2 atau m3, keduanya sama saja tergantung situasi,kondisi dan selera masing-masing. Pekerjaan ini merupakan paket tiga serangkai dari pekerjaan pasangan dinding, plesteran dan acian. sehingga untuk menghasilkan tembok yang baik maka perlu memperhatikan proses pelaksanaan ketiganya. Berikut ini beberapa tips melaksanakan plesteran agar menghasilkan dinding tembok yang bagus.

  • Melakukan pemasanga dinding dengan bagus, tegak dan datar sehingga tidak terjadi pemborosan pada pengaturan ketebalan plesteran dinding.
  • Memberikan waktu jeda antara selesainya pemasangan batu bata dengan pekerjaan pleseteran, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi pemanasan dinding karena dapat menyebabkan tembok rumah menjadi retak.
  • Menggunakan kepalaan plesteran terlebih dahulu untuk mengatur kedataran, setelah itu baru meratakanya dengan jidar.
  • Tunggu beberapa saat sebelum melakukan acian dinding agar hasilnya bisa bagus.
  • Pada area pemasangan keramik tidak perlu diplester dahulu, cukup menempelkan adukan lalu memasang keramik pada posisi yang pas.

 

Gambar pekerjaan pleseteran dinding

plesteran dinding Volume pekerjaan plesteran dinding

Contoh perhitungan volume pekerjaan plesteran dinding

Misalnya kita akan memplester dinding batu bata pada pekarangan sepanjang 33m, tinggi dinding adalah 2 m. plesetera setebal 2 cm dilakukan pada dua sisi dinding. berapakah volume pekerjaan plesteran dinding tersebut?

Langkah pertama kita hitung terlebih dahulu luas pasangan dinding batu bata yaitu

  • Luas dinding batu bata = 2 m x 33 m = 66 m2.

Volume dalam satuan m2.

Dari data luas dinding tersebut maka dapat kita ketahui luasan plesteran untuk dua sisi yaitu

  • luas pekerjaan plesteran dinding = 2 sisi x 66 m2 = 132 m2.

Volume dalam satuan m3.

Untuk mengetahui jumlah meter kubik plesteran maka dapat dilakukan dengan cara mengalikan luas plester dengan ketebalanya.

  • Volume pekerjaan pleseteran dinding = 132 m2 x 0,02 m = 2,64 m3

Jadi volumenya dalah 132 m2 jika menggunakan satuan meter persegi, atau 2,64 m3 jika menggunakan satuan m3.

 

Selanjutnya untuk mengetahui jumlah kebutuhan pasir dan semen maka bisa dicari dengan menggunakan rumus analisa harga satuan berdasarkan SNI standar nasional indonesia atau menggunakan data pribadi hasil penelitian pekerjaan pleseteran dinding. selamat berhitung semoga menghasilkan pekerjaan terbaik icon smile Volume pekerjaan plesteran dinding

2 komentar

  1. tan

    December 5, 2013 at 3:24 am

    Bagi anda yang ingin membangun rumah, hotel, ruko dll dengan gaya serta model terbaru, percayakan kepada kami. Puluhan tukang trampil dengan hasil kerja halus, bersih, jujur dan bertanggung jawab siap membantu anda mewujudkan bangunan impian. Hubungi kami di 08561853462 – 081808273797.

     
  2. Software RAB

    June 20, 2014 at 4:33 am

    Cara mengihitung volume pekerjaan plesteran sudah sangat jelas dan gamblang dijelaskan di halaman ini, hanya kalau ingin tahu kebutuhan semen dan pasir harus menggunakan analisa SNI. Analisa SNI lengkap dapat Anda lihat di web saya, silahkan mampir. Makasih kepada analisaharga.com yang telah berbagi.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Current ye@r *

AnalisaHarga.com Media berbagi ilmu RAB Rencana Anggaran Biaya Bangunan