Perhitungan volume kebutuhan urugan tanah

Pekerjaan urugan tanah banyak dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, perataan taman, bandara. sedangkan pada pekerjaan gedung terdapat pada saat membuat pondasi rumah tinggal sampai dengan timbunan pada bangunan bertingkat tinggi pencakar langit. Sebelum melaksanakan pengurugan perlu dilakukan perhitungan volume kebutuhan urugan tanah agar didapatkan jumlah m3 yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Data hasil perhitungan volume m3 urugan tanah juga diperlukan untuk menghitung rencana anggaran biaya ( RAB ) yaitu dengan mengalikan volume dengan harga satuan pekerjaan tanah urug per meter kubik.

 

Contoh perhitungan volume urugan tanah

Sebuah pekarangan rumah ukuran 9m x 9m akan dilakukan pekerjaan pengurugan setinggi 2 m dari elevasi tanah semula, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi banjir agar lantai rumah tidak ikut terendam. apabila tanah harus dibeli dari tempat lain maka berapa jumlah m3 kebutuhanya, berapa truck tanah yang harus di beli? mari kita hitung bersama 🙂 untuk memudahkan dalam membayangkan bentuk tanah maka kita buat gambarnya terlebih dahulu dibawah ini.

Gambar urugan tanah

urugan tanah

urugan tanah

Rumus volume urugan tanah = luas penampang potongan x panjang urugan.

  • Volume = lebar x tinggi x panjang.
  • V = 9 m x 2 m x 9 m = 162 m3.

lalu dalam mengurug tanah itu terjadi pemadatan, nilainya sekitar 1,2 x volume urugan tanah, jadi tanah yang dibutuhan = 1,2 x 162m3 = 194,4m3

 

  • Jika 1 truck mampu mengangkut tanah sebanyak 7 m3 maka jumlah total kebutuhanya adalah 194,4m3 : 7 m3 = 27,7 dibulatkan menjadi 28 truck.

 

Jadi total tanah yang dibutuhkan untuk mengurug pekarangan adalah sebesar 195 m3 atau  28 truck isi 7m3.

 

Perhitungan diatas kelihatanya mudah karena contoh soal yang kita buat hanya berupa bentuk urugan tanah kubus saja. Dalam pelaksanaan dilapangan akan banyak ditemui kontur tanah dengan  potongan penampang yang aneh-aneh dan sulit dihitung namun pada prinsipnya cara menghitung volume urugan tanah itu sama yaitu luas penampang x panjang urugan tanah. untuk memudahkan perhitungan luas penampang maka dapat menggunakan software gambar arsitektur seperti autocad atau software lain yang sudah ada atau membuat sendiri apabila mengetahui bahasa pemrogaman. demikian contoh perhitungan m3 urugan tanah ini semoga berguna bagi yang kebetulan membutuhkan referensi tentang ini 🙂

11 Comments
  1. 3 years ago
    aldy pero

    ass, mau tanya! tanah yang tidak padat itu kan sifatnya akan menyusut jika mendapat beban. yang saya mau tanyakan sampai seberapa tu tingkat penyusutannya???

    Reply
  2. 3 years ago
    liga21

    saya juga mo tanya..!
    klo buat urukan ,bagusan pake tanah merah apa bekas puing” bangunan?

    Reply
  3. 3 years ago
    amir

    asu kamu, bodoh sekali kamu! itu sih gw juga bisa!! nah sekarang kalau tanah urugan kan harus dipadatkan, 4m3 bisa jadi 1m3 bung!!! sekarang volume urugan tanah yang harus dilebihkan karena ada faktor pemadatan tanah, itulah volume REAL sebenarnya!!!! kamu ciri pribadi yang akan bikin hitungan volume proyek tidak akurat!

    Reply
    • 5 months ago
      sriyono88

      bahasa anda kok tidak mencerminkan budaya bangsa bung

      Reply
    • 1 month ago
      abi

      Ga Sekolah

      Reply
  4. 3 years ago
    anda

    mau tanya donk klo ukuran tanah saya lebar 8 meter lalu panjang 21 meter tinggi pondasi 50 cm,kira2 klo saya uruk pake puing berapa kibik yang saya perlu kan.tolong bantu ya…..

    Reply
  5. 3 years ago
    Ijoasri

    Penyusutan tanah uruk apakah bisa terjadi, berapa estimasiny?

    Reply
  6. 3 years ago
    Djoko Setyono

    penyusutan tanah urugan padat vibro 3 layer berapa prosen ?

    Reply
  7. 4 months ago
    amek

    Maaf mas mau tanya ni 1,2 yg pemadatan itu dtang nya dr mana?
    Biasanya kan d lakukan uji lab utk densiti gradasi atau apa lh nmanya lupa baru dpt brp nilai tsbt..
    Apa nilai itu memang sudah ketentuannya?
    Tkx

    Reply
    • 4 months ago
      Analisa Harga .com

      1,2 Dari satandar nasional indonesia, SNI analisa harga satuan urugan tanah, diambil dari rata-rata umum pemadatan, jika mengurug dengan 1,2m3 tanah maka akan memadat menjadi 1m3 tanah. jadi jika ingin sesuai dengan kondisi tanah atau proyek masing-masing maka bisa melakukan uji lab sendiri

      Reply
  8. 4 months ago
    Sirdar

    bang saya mau tanya juga nih masalah hitungan urug tapi dengan batu hijau, dan batu ini sebenarnya masuk kategori batu apa ya karena apabila terkena air dia terkadang harcur seperti tanah….?jadi pertanyaan saya adalah berapa M3 kah saya harus menyiapkan batu hijau tadi jika saya mau urug jalan Gang dengan :
    Panjang 200M, Lebar 2,5M, Ketebalan 0,15M…Terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *