analisa harga bangunan

Perhitungan volume kebutuhan urugan tanah

Pekerjaan urugan tanah banyak dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, perataan taman, bandara. sedangkan pada pekerjaan gedung terdapat pada saat membuat pondasi rumah tinggal sampai dengan timbunan pada bangunan bertingkat tinggi pencakar langit. Sebelum melaksanakan pengurugan perlu dilakukan perhitungan volume kebutuhan urugan tanah agar didapatkan jumlah m3 yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Data hasil perhitungan volume m3 urugan tanah juga diperlukan untuk menghitung rencana anggaran biaya ( RAB ) yaitu dengan mengalikan volume dengan harga satuan pekerjaan tanah urug per meter kubik.

 

Contoh perhitungan volume urugan tanah

Sebuah pekarangan rumah ukuran 9m x 9m akan dilakukan pekerjaan pengurugan setinggi 2 m dari elevasi tanah semula, hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi banjir agar lantai rumah tidak ikut terendam. apabila tanah harus dibeli dari tempat lain maka berapa jumlah m3 kebutuhanya, berapa truck tanah yang harus di beli? mari kita hitung bersama :-) untuk memudahkan dalam membayangkan bentuk tanah maka kita buat gambarnya terlebih dahulu dibawah ini.

Gambar urugan tanah

urugan tanah

Rumus volume urugan tanah = luas penampang potongan x panjang urugan.

  • Volume = lebar x tinggi x panjang.
  • V = 9 m x 2 m x 9 m = 162 m3.
  • Jika 1 truck mampu mengangkut tanah sebanyak 4m3 maka jumlah total kebutuhanya adalah 162 m3 : 4 m3 = 40,5 truck.

Jadi total tanah yang dibutuhkan untuk mengurug pekarangan adalah sebesar 162 m3 atau 40,5 truck.

 

Perhitungan diatas kelihatanya mudah karena contoh soal yang kita buat hanya berupa bentuk urugan tanah kubus saja. Dalam pelaksanaan dilapangan akan banyak ditemui kontur tanah denganĀ  potongan penampang yang aneh-aneh dan sulit dihitung namun pada prinsipnya cara menghitung volume urugan tanah itu sama yaitu luas penampang x panjang urugan tanah. untuk memudahkan perhitungan luas penampang maka dapat menggunakan software gambar arsitektur seperti autocad atau software lain yang sudah ada atau membuat sendiri apabila mengetahui bahasa pemrogaman. demikian contoh perhitungan m3 urugan tanah ini semoga berguna bagi yang kebetulan membutuhkan referensi tentang ini :-)